9/30/2015

Kurangi Keluhan Asam urat (Gout) Dengan Tanaman Ini!


Tanaman liar ini memiliki khasiat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, sehingga dapat membantu meringankan keluhan bengkak maupun nyeri pada penderita gout. Selain itu, juga dapat mengatasi sakit kepala, nyeri perut, dan jerawat. Umumnya dikonsumsi dengan cara diseduh, tetapi ada pula yang menyantapnya sebagai lalapan segar.

Sudah bertahun-tahun Ashadi (54) langganan minum obat untuk mengatasi gangguan asam urat (gout). Namun, salah seorang direktur di sebuah BUMN ini mengaku kadang tak bisa menahan godaan untuk menyantap makanan “enak”, seperti soto jeroan dan gulai. Alhasil, keluhan nyeri serta bengkak di persendian kaki akibat timbunan asam urat pun tak tertahankan.


Ashadi akhirnya meletakkan harapannya pada air seduhan bayam-bayaman, dan ternyata frekuensi minum obat anti gout itu makin berkurang. Serangan bengkak dan nyeri di persendian pun jarang sekali datang menyerang.

“Saya sampai punya satu pot besar tanaman bayam-bayaman itu di belakang rumah, walaupun ini sebetulnya tanaman liar,” ujar ayah satu anak yang masih rajin bermain golf dua kali seminggu ini.

Pengalaman itu tak disimpan sendiri. Saat mendengar seorang kenalannya di Bandung dirawat di rumah sakit akibat gout, ia lalu membagikan kiat tersebut. Hasilnya kemudian, setelah rajin minum air bayam-bayaman, teman itu bukan saja jadi “jauh” dari rumah sakit, tetapi penggunaan dosis obat anti gout juga makin lama makin berkurang.

Kiat penggunaan tanaman yang dalam istilah Inggris disebut peperomiaini juga datang dari Elvina (31). Lajang yang bekerja di perusahaan konsultan ini kerap memanfaatkan peperomia untuk mengatasi jerawat. Ia mengetahui resep tradisional ini dari ibunya, yang juga mengonsumsi air seduhanpeperomiauntuk mengendalikan penyakit asam urat.

Kadang Vin, sapaannya, cukup meremas-remas daun peperomia kemudian ditempelkan di bagian wajah yang berjerawat. “Sebelumnya wajah dibersihkan, dan tanaman ini juga sudah dicuci bersih, jadi tidak ada kuman yang numpang,” katanya. Ada kalanya ia juga menyeduh tanaman itu, lalu airnya digunakan untuk membasuh muka.

“Katanya juga bisa untuk mengobati sakit perut, tetapi saya belum pernah mencobanya. Kalau ibu saya sering banget minum untuk obat asam urat, dan buktinya penyakit asam uratnya jadi jarang kambuh tuh, ” tuturnya

Tumbuhan liar

Tanaman bayam-bayaman, ada yang menyebutnya kangkung-kangkungan ini tumbuh liar dan biasanya menggerombol. Mudah dijumpai di kebun, di halaman rumah, tepi jalan, di pinggiran selokan, dan di tempat lain yang lembab atau berair. Tingginya hanya sekitar 40 centimeter, dengan dahan berbuku-buku serupa tanaman sirih.

Daunnya berbentuk hati, berwarna hijau pucat dan halus berkilau seperti dilapisi lilin. Batangnya bulat kira-kira bergaris tengah 5 milimeter.

Buahnya bulat seperti buah kopi, tetapi ukurannya jauh lebih kecil, sekitar 1 milimeter tebalnya. Ketika sudah tua, biji akan jatuh dari dalam buah kecil ini ke tanah untuk keperluan berkembang biak.

Dalam situs Wellsphere dinyatakan bahwa di Filipina tanaman ini disebut tangon-tangon atauulasiman-bato, dan telah lama dimanfaatkan sebagai obat, antara lain untuk membantu mengatasi gangguan artritis, gout (asam urat), bisul, bengkak bernanah, jerawat, sakit kepala, nyeri perut, dan masalah pada ginjal.

Dalam bahasa Tagalog disebut pansit-pansitan, sedangkan orang Cebu menyebutnya olasiman-ihalas. Sementara nama Latin untuk tanaman ini yakni Piper pellucida Linnatau peperomia. Herba ini masuk keluarga Piperaceae.

Keseluruhan tanaman peperomiabisa digunakan, tetapi umumnya orang memanfaatkan batang serta daunnya yang masih segar. Di Filipina, peperomiabiasa dibuat tapal (dilumatkan dan ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit) untuk mengatasi bengkak atau bisul. Ternyata penggunaantapal peperomiaini juga menjadi tradisi masyarakan di Afrika Barat, terutama Lagos. Hanya saja, di sana tapal ini digunakan untuk mengatasi kejang atau penyakit sawan.

Herba peperomia kebanyakan digunakan sebagai bahan tunggal, jadi tidak dikombinasi dengan tanaman obat jenis lain. Bagaimanapun, tanaman obat tetap memiliki zat-zat yang dapat menimbulkan efek samping, walau umumnya sangat ringan dan tidak menimbulkan keluhan berarti.

Karena itu, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan praktisi atau ahli pengobatan herbal sebelum memanfaatkannya.

Diseduh atau Buat Lalapan

Membantu merawat kulit (mengatasi jerawat, bisul, bengkak bernanah)
Ambil segenggam tanaman peperomiasegar, seduh dengan air panas. Biarkan sebentar. Bila airnya sudah dingin atau suam-suamkuku, gunakan untuk mencuci muka.

Bisa juga tanaman ini diremasremas atau dihaluskan, kemudian ditempelkan ke bagian wajah yang ditumbuhi jerawat atau bisul. Rebus sebentar herba ini, dilumatkan, kemudian balurkan langsung ke daerah yang sakit.

Membantu mengatasi artritis dan gout

Ambil setengah mangkuk tanaman peperomiasegar, cuci dengan air bersih, lalu dimakan sebagai salad sayuran. Rasanya renyah seperti seledri. Setengah mangkuk ini tidak harus dihabiskan sekaligus, tetapi bisa untuk tiga kali makan.

Bisa juga menyeduh sejumput atau sepanjang 20 cm tanaman ini, dengan dua gelas air panas. Bila sudah hangat, minumlah dua kali, untuk pagi dan sore.

Ambil 1,5 mangkuk tanaman peperomia segar, cuci bersih, lalu masukkan ke dalam kuali tanah. Tambahkan dug gelas penuh air lalu ditutup. Masak hingga mendidih, buka tutup kuali dan dididihkan lagi hingga airnya berkurang menjadi hanya satu gelas. Bagi ramuan ini menjadi tiga untuk diminum tiga kali sehari setelah makan.

Atau dengan cara ini :

  • Ambil cinnong-cinnong kira-kira segenggam. Lebih bagus diambil dalam keadaan segar, yaitu di pagi hari. Sebaiknya jangan mengambil cinnong-cinnong yang telah tertimpa terik matahari siang.
  • Buang akarnya. Cuci bersih.
  • Rebus dengan 2 gelas air paling lama 5-10 menit, tanpa campuran apapun.
  • Biarkan suam kuku, diminum 2 kali dalam sehari.
  • Hanya untuk sekali rebus. Buang cinnong-cinnong yang sudah direbus, jangan direbus ulang.
  • Sebaiknya merebus cinnong-cinnong dalam panci non aluminium.
  • Setelah merasakan gejala berkurang, kurangi dosisnya menjadi satu gelas saja per hari. Hentikan setelah sembuh.
  • Setelah merasakan manfaatnya, bagilah resep ini pada yang mereka yang membutuhkan…

Meredakan sakit kepala

Panaskan beberapa helai daunpeperomiadengan air panas, lalu tempelkan ke dahi, tentu ketika daun sudah tidak terlalu menyengat, agar tidak menimbulkan luka bakar.

Meringankan nyeri perut dan gangguan ginjal

Siapkan semangkuk kecil daun dan batang peperomia, beri dua gelas air lalu direbus hingga mendidih. Airnya bisa untuk dua kali konsumsi, satu gelas di pagi hari dan satu gelas di sore hari.

Semoga bermanfaat ya...

Sumber : facebook Ardho Ferro

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner