10/26/2015

Wah Ternyata tanaman ini Memiliki Banyak Khasiat Luar biasa! Bisa untuk Mengatasi Sakit Gigi Juga loh!


Manfaat cengkeh sebagai tanaman apotik hidup untuk permasalahan berbagai penyakit, telah tak diragukan lagi kebenarannya, telah menjadi rahasia umum cengkeh sangat ampuh untuk sakit gigi.

Sebagai type tanaman yang melimpah ruah di Indonesia, cengkeh menjadi rempah harus untuk beragam masakan khas nusantara. Karakter cengkeh yang hangat sering kali digunakan untuk pembuatan beragam minuman, tetapi sebenarnya apakah manfaat konsumsi cengkeh?


Sebagai rempah alami cengkeh juga bermanfaat seperti manfaat kunyit atau juga manfaat temulawak yang baik untuk kesehatan. Di bawah ini salah satunya :

1. Membantu Mengobati Sakit Gigi

Minyak cengkeh sudah dipakai berabad-abad lamanya untuk menyembuhkan sakit gigi. Caranya cukup mudah yakni dengan menempatkan/mengoleskan minyak cengkeh itu pada lubang tempat sakit gigi. Akhirnya sangat luar umum, kandungan zat yang ada pada cengkeh dipercaya mempunyai karakter antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.

2. Mencegah Peradangan

Beragam zat aktif seperti flavanoid didapati pada minyak asli cengkeh. Flavanoid bekerja dengan karakter anti inflamasinya hingga akan mengurangi peradangan pada penyakit rematik umpamanya. Terasa yang hangat juga bisa jadi ekspektoran untuk mengobati beragam keadaan masalah saluran pernapasan.

3. Mengatasi mual dan Muntah

Cengkeh memiliki beragam kandungan yang sangat ampuh untuk menangani mual dan muntah, selain cengkeh, minyaknya juga ampuh untuk menangani keluhan mual dan muntah ini.

4. Meningkatkan sistem pencernaan

Cengkeh membantu mengendurkan susunan kelancaran saluran pencernaan, hingga mereka membantu memudahkan muntah, diare, gas usus dan sakit perut. Tetapi pengunaannya harus di perhatikan karena mereka memiliki zat yang cukup kuat hingga bisa mengiritasi lambung.

5. Mengatasi pilek

Bila anda pilek, sebaiknya anda mencampurkan minyak cengkeh dengan madu lalu meminumnya satu – 2 x sehari untuk memberi efek hangat. Diluar itu memoleskan minyaknya pada hidung dapat juga membantu memudahkan pilek.

6. Menjaga tubuh tetap hangat

Cengkeh adalah salah satu herbal yang bisa menjaga tubuh agar tetap hangat baik bila di kunyah secara segera maupun dengan memoleskan minyak dibagian tubuh yang dingin juga sangat efektif memberi rasa hangat.

7. Mengatasi Sinusitis

Ada beragam riset yang mengaitkan pada manfaat cengkeh dengan permasalahan sinusitis. Langkah pemanfaatannya adalah dengan memanfaatkan bubuk cengkeh dan menempatkannya dibagian dalam hidung.

8. Menyehatkan jantung

Sudah sejak lama penyakit jantung jadi momok menakutkan masyarakat dunia. Kandungan Eugenol pada cengkeh berperan untuk menghindar pembekuan pada darah yang menghindar terjadinya penyakit jantung serta stroke.

9. Meredakan batuk

Mengunyah cengkeh bisa mengobati batuk yang dikarenakan oleh gatal yagn ada di tenggorokan. Terasa mungkin saja sedikit getir dan ada pahitnya, namun kandungan kimia dalam cengkeh yaitu ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.

10. Meringankan Infeksi saluran pernafasan

Cengkeh memiliki beragam kandungan antioksidan dan beragam zat yang bisa menyingkirkan rasa sakit dan membunuh kuman yang mengakibatkan infeksi saluran pernafasan.

CENGKEH UNTUK KULIT

Manfaat cengkeh juga sangat baik untuk membantu permasalahan kecantikan kulit dan memberi dampak utama untuk periode panjang.

11. Mengatasi Jerawat

Minyak cengkeh merupakan salah satu herbal yang dari beragam riset yang sangat ampuh untuk menyingkirkan jerawat. Langkahnya sangat mudah yakni dengan memoleskannya pada daerah jerawat itu. Kemungkinan jerawat yang menyebar di wajah mungkin bisa di hilangkan dengan membunuh bakteri dengan bantuan karakter antimikroba dari minyak cengkeh.

12. Menghilangkan noda dan guratan di kulit

Minyak cengkeh yaitu salah satu herbal yang utama untuk menyingkirkan noda dan guratan di kulit yang dikarenakan oleh luka atau penyebab yang lain. Minyak ini bisa membantu bikin kulit lebih lembut agar tak terlihat buruk bila terserang guratan.

13. Sumber antioksidan

Minyak esensial cengkeh kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, fosfor, besi dan vitamin A dan C. Sangat jarang herbal yang berbentuk minyak memiliki properti yang bisa memiliki antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah.

CENGKEH UNTUK RAMBUT

14. Kondisioner

Minyak cengkeh bisa jadikan sebagai kondisioner untuk memperbaiki beragam permasalahan terhadap rambut seperti menghitamkan, memperbaiki rambut kering dan sebagainya.

15. Mencegah Rambut Rontok

Minyak cengkeh dapat juga membantu mencegah rambut dari kerontokan yang bisa mengakibatkan kebotokan, langkahnya sangat mudah yakni dengan mengoleskannya di kulit kepala 5-15 menit lalu di basuh bersih.

CENGKEH SEBAGAI OBAT SAKIT GIGI

Sudah sejak lama manfaat cengkeh ini di ambil untuk pemakaian obat sakit gigi, terlebih minyak cengkehnya. Minyak cengkeh (Eugenia aromatica) bisa dihasilkan dari penyulingan serbuk kuntum cengkeh kering (clove oil), serbuk tangkai kuntum cengkeh (clove stem oil), dan daun cengkeh kering (clove leaf oil). Beberapa dokter sudah merekomendasikan pemakaian minyak cengkeh ini untuk pereda rasa sakit gigi sebagai analgesik.

CARA PENGGUNAANNYA

Mengatasi sakit gigi, gigi yang berlubang disumbat dengan kapas yang sudah diteteskan dengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh disangrai hingga halus, lalu digiling halus, dimasukkan pada lubang gigi seperlunya, lalu ditutup dengan kapas. Lakukan 2 x sehari.


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner